Kuliah Seru di UYR Melalui Outing Class

Kegiatan belajar mengajar didalam kelas tentu sudah sangat biasa bagi semua mahasiswa. Namun ada yang berbeda dan menarik dari proses perkuliahan mahasiswa program studi Sistem Informasi angkatan 2023 di Universitas YPPI Rembang. Untuk menciptakan suasana yang berbeda salah satu Dosen Prodi Sistem Informasi Ahmad Aviv Mahmudi, M.Kom menyelenggarakan Outing Class atau kelas diluar . Outing classini merupakan kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas dan sekaligus menjadi alternatif metode atau media yang efektif serta efesien untuk menyampaikan materi perkuliahan secara teori implementasi pengetahuan di lapangan melalui pengalaman langsung mahasiswa. Berbicara mengenai Outing Class, mahasiswa Sistem Informasi sudah beberapa kali mengadakannya bersama dengan pak Aviv, terhitung sekitar lima kali sudah kegiatan outing class dilaksanakan, tentu dengan tempat dan susasana yang berbeda di setiap pelaksanaan Outing Class.
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST)- UYR, Siti Alliyah berharap bahwa kegiatan outing class akan memberikan inspirasi kepada para mahasiswa untuk terus belajar, berkembang, dan meraih impian akademik mereka. Semoga kegiatan belajar outing class di FST menjadi awal yang baik untuk perjalanan pendidikan mereka yang penuh prestasi.
Beberapa Lokasi yang dijadikan tempat untuk outing kelas diantaranya di area pengrajin batik tulis Lasem, Café D’Toel Pancur, serta beberapa UMKM percetakan serta usaha Kopi lelet Rembang. Aviv selalu dosen pengampu mata kuliah Digital Marketing menyampaikan “Dalam outing class uniknya adalah dimana bisa belajar untuk menambah pengetahuan dari luar kelas yang juga dapat mengurangi tingkat kejenuhan pada metode pembelajaran yang hanya fokus didalam kelas. Outing class memberikan kita energi positif yang berwujud pada sebuah perasaan senang dan mengajarkan untuk bisa lebih dekat dengan lingkungan alam dan sekitarnya. Selain itu, kegiatan ini menjadi wadah dalam memberi inspirasi dan motivasi sebagai suntikan moril menghadapi berbagai aktivitas akademik di kampus”.
Menariknya, bahkan ada yang berkelakar bilang “outing class nih tugas healing ya?” bisa dibilang demikian, karena memang dalam outing class tidak melulu mendapat materi perkuliahan secara teori dan praktek namun juga healing untuk melepas kejenuhan dan kepenatan dalam menerima beberapa pembelajaran. “Walaupun menguras tenaga dan mengeluarkan biaya secara mandiri, justru yang kita dapatkan adalah sebuah pengalaman yang sangat luar biasa yang tidak pernah dipelajari didalam kelas juga implementasi ilmu yang kita peroleh” ujar ketua Kelas Reza Maulana Saputra. MSementara itu menurut Nita Sari yang mengikuti outing class menyampaiakan “Jika di dalam kelas kita hanya bisa mendengarkan teman kita yang presentasi, atau dosen kita yang menjelaskan, namun dalam outing class kita bisa belajar dengan lingkungan sekitar, belajar dengan pengalaman unik dari yang teman-teman, belajar mengorganisir orang secara langsung, praktik tanggung jawab, praktik mengorganisir sebuah kegiatan, bahkan bertukar pengalaman dalam berbagai hal untuk saling mendukung dan memupuk kebersamaan Angkatan 2023. Benar tidak?”
Respons positif yang muncul dari para mahasiswa prodi Sistem Informasi setelah mengkuti outing class adalah munculnya ide-ide kreatif, antusiasme dan semangat dalam mengikuti kegiatan perkualiahan lanjutan di kelas menjadi meningkat. Bisa dikatakan outing class merupakan kegiatan yang dapat merefresh suasana belajar sehingga menjadi lebih seru dan menyenangkan. Oleh karena itu, outing class kali ini diadakan sebagai penutup perkuliahan mata kuliah Digital Marketing yang diampu oleh dosen Prodi Sistem Informasi Ahma Aviv Mahmudi diharapkan bisa bermanfaat dan selalu mendapatkan keberkahan dalam setiap proses menuntut ilmunya (A2M).